Header Ads

Laporan Keuangan Kredibel Dukung Kinerja KSK

Laporan Keuangan Kredibel Dukung Kinerja KSK


Anggaran Harian

Menyampaikan secara rutin laporan keuangan yang dapat dipercaya dan akuntabel akan mampu memberikan kepercayaan kepada para donatur dalam mendukung kebijakan yang buat oleh Komunitas Sosial & Kemanusiaan (KSK).

Maka dari itu, penguatan akuntabilitas laporan keuangan KSK sangat diperlukan guna perumusan berbagai kebijakan dalam menghadapi tantangan yang dilalui.

Standart akuntansi laporan keuangan tersebut juga dapat mendukung tercapainya regulasi efektif di dalam tubuh komunitas. Hal itu disampaikan oleh bendahara KSK Waqiatus Sholehah, saat melaporkan hasil rekapan bulanan pada ketua umum, Jum'at, (01/02/2019).

Dalam perkembangan kondisi ekonomi global menuntut KSK untuk berkreasi juga menjaga amanah para sang donatur dan menjalankan amanah.

Demi menjawab tantangan tersebut, KSK melakukan strategi dengan berkreasi di segala bidang guna menghidupi roda pertumbuhan perekonomian komunitas. Selain itu, harus pandai juga mengatur amanah dan keuangan.

Kebijakan-kebijakan tersebut harus didukung dengan laporan keuangan yang efektif, transparan dan dapat dipercaya. Untuk membangun akuntabilitas yang lebih tinggi, KSK telah menetapkan dan menerapkan Laporan Anggaran Keuangan (LAK) sejak awal berdirinya KSK (2017).

LAK adalah standar akuntansi keuangan yang disusun secara khusus berdasarkan keunikan tujuan maupun karakteristik transaksi komunitas.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sosial & Kemanusiaan (KSK), Siana mengatakan, adanya laporan keuangan secara berkala akan berdampak positif bagi para donatur juga KSK Lovers di pelosok negeri maupun manca negara.

"Saya tegaskan pada seluruh jajaran bahwa keluar masuk barang harus ada laporan dan bukti otentik guna pelaporan kepada para donatur juga masyarakat, untuk menjaga ketertiban penerimaan dan pengeluaran sedekah," ujar Siana.

Diketahui, bahwa laporan anggaran harian dengan pemasukan sejumlah Rp 2.483.878,- dan pengeluaran sebesar Rp 1.482.100,- serta memiliki saldo Rp 1.001.778,- yang akan dialokasikan untuk program rumah Allah dan program panti asuhan.

Sementara itu saldo anggaran operasional tercatat sebesar Rp 744.555,- dan anggaran save palestina sejumlah Rp 393.600,-

Sedangkan untuk anggaran barang dengan saldo 1 (satu) pc bantal, 1 (satu) pc guling, 20 (dua puluh) pcs majalah serta 1(satu) kresek baju, kesemuanya akan dialokasikan pada bulan Februari. Dengan beberapa kegiatan diantaranya aksi Save Palestina, santuan anak yatim di Pagak, kunjungan ke panti asuhan Al Kaff Jabung, program supeltas Purwodadi serta program sandhu untuk 7 (tujuh) masjid di Malang Raya serta Pasuruan.

Siana selaku ketua umum KSK juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tim jajaran, donatur dan Media Online Tribunus.co.id yang telah menyupport kegiatan KSK selama ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam kegiatan penyaluran amanah selama ini, khususnya Media Online Tribunus.co.id yang telah menyupport penuh kegiatan KSK serta tak lupa para donatur, semoga Allah menggantkan dengan rejeki yang berlimpah,” tandas wanita berkaca mata itu.



Anggaran Operasional



Anggaran Save Palestina

Anggaran Donasi Barang

Lampiran nota pengeluaran halaman 1

Lampiran nota pengeluaran halaman 1

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.