Header Ads

Manfaat Buah Semangka Yang Harus Anda Ketahui



Semua orang pasti sudah mengetahui buah semangka atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Citrullus lanatus, buah yang mengandung banyak air dan rasa yang manis, sangat disantap sebagai pengusir dahaga. Selain itu, buah ini juga banyak diminati sebagai pilihan penutup mulut. Maka tidak heran jika banyak dari kita suka pada buah ini.


Selain segar, ternyata buah semangka juga cukup banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, tiamin, fitonutrien, dan potasium. Terlebih buah ini juga bebas dari lemak, sodium, dan kalori. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan, gluthatione yang banyak terdapat di buah dan sayuran warna merah. Seperti diketahui, antioksidan tersebut sangat aktif dan efektif mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh kita.

Selain dari daging buahnya, layak anda ketahui bahwa bagian putih dari kulit buah semangka mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal seperti menghancurkan dan mencegah batu ginjal. Mau tahu manfaat semangka yang lainnya, simak khasiat buah semangka selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan pembakaran lemak dan glukosa
Buah semangka terbukti berkhasiat meningkatkan pembakaran lemak dan glukosa. Hal ini sudah dibuktikan dengan percobaan yang dilakukan pada tikus. Buah semangka mengandung asam arnigie, asam tersebut terbukti efektif mengurangi lemak pada tikus-tikus yang berlebihan berat badan.

2. Mencegah penyakit jantung dan kanker prostat
Kandungan lycopene yang terdapat pada semangka merupakan sebuah antioksidan yang efektif melawan penyakit jantung dan kanker prostat. Yang selama ini kita ketahui, tomat adalah salah satu penghasil lycopene terbaik. Tetapi anda dapat mendapatkan lebih baik dibandingkan dengan tomat. Secangkir semangka memiliki 40% kandungan antioksidan yang lebih baik dibandingkan dengan tomat.

3. Memenuhi kebutuhan vitamin C
Perlu untuk anda ketahui, sepotong semangka besar atau sekitar dua cangkir akan memenuhi kebutuhan vitamin C selama setengah hari.

4. Mencegah infeksi
Semangka mengandung beta karoten yang bermanfaat mencegah terjadinya infeksi dan menjadi nutrisi penglihatan yang baik. Karena beta karoten tersebut menjadi sumber vitamin A bagi tubuh.

5. Mempercepat proses penyembuhan
Kandungan citrulline yang ada pada semangka berkhasiat untuk menyembuhkan luka dan pembelahan sel. Bagian yang mengandung banyak citrulline adalah bagian putih pada semangka yang kebanyakan hanya dibuang.

6. Mengatasi stress
Semangka banyak mengandung potasium yang terbukti baik untuk mengontrol tekanan darah.

 Itulah tadi manfaat buah semangka yang layak untuk anda ketahui. Untuk mendapatkan khasiat buah semangka tersebut secara maksimal, anda juga harus pandai-pandai memilih buah semangka yang baik. Bagaimana caranya? cukup tepuk bagian luar semangka dan perhatikan bunyi yang dikeluarkan. Jika terdengar berisi, maka kemungkinan semangka tersebut semangka yang baik.  [semangkaku]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.