Header Ads

Pangdivif 2 Kostrad Hadiri Pembukaan Festival Seni Pencak Silat Nusantara (SPSN) ke-II di Madiun

Pangdivif 2 Kostrad Hadiri Pembukaan Festival Seni Pencak Silat Nusantara (SPSN) ke-II di Madiun 


Madiun, kskindonesia.net - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han), menghadiri acara Pembukaan Festival Seni Pencak Silat Nusantara (SPSN) ke-II yang digelar di alun-alun Kota Madiun, Kamis (25/7). 



Festival Seni Pencak Silat Nusantara (SPSN) ke-II ini dibuka langsung oleh Walikota Madiun Drs. H. Maidi, SH, MM, M.pd, kegiatan ini merupakan rangkaian hari jadi Kota Madiun ke-101. Acara Festival Seni Pencak Silat resmi di buka dengan Pemukulan Gong oleh Pangdivif 2 Kostrad, Walikota Madiun dan Ketua PB IPSI Pusat dan dimeriahkan oleh Demonstrasi Pencak Silat Nusantara oleh Yonif Para Raider 501 Kostrad. 


Seni Pencak Silat Nusantara ini juga di pragakan oleh 100 pendekar dari satuan Yonif Para Raider 501 Kostrad yang gerakannya merupakan perpaduan dari jurus-jurus pencak silat yang ada di tanah air. 



Walikota Madiun dalam sambutannya menyampaikan, “Tidak bisa kita pungkiri bahwa olahraga merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kita karna dengan olahraga dapat membangun kesehatan jasmani serta merupakan salah satu sarana dalam membangun watak dan kepribadian,” ungkapnya. 



“Melalui kegiatan ini pula, saya juga berharap akan mampu melahirkan atlet-atlet berbakat dari Kota Madiun, sehingga nantinya akan mampu berprestasi pada berbagai kejuaraan pencak silat, baik tingkat lokal, regional, maupun nasional,” terangnya. 



Pangdivif 2 Kostrad mengungkapkan, "Yonif Para Raider 501 Kostrad yang merupakan satuan yang berada di kota silat ini juga harus senantiasa mewarisi Seni Pencak Silat ini sebagai sarana olahraga serta unsur bela diri mereka," ujarnya. 



Walikota Madiun menambahkan, “Saya sangat yakin, bahwa para pendekar yang berasal dari berbagai perguruan pencak silat, pada dasarnya mereka semua telah dibekali dengan berbagai ilmu yang mulia, yang nantinya akan sangat berguna dan bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambahnya. 


Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Buku Pedoman Bela Diri Militer Pencak Silat Nusantara oleh Pangdivif 2 Kostrad, Walikota Madiun serta Ketua IPSI Madiun. Penandatanganan ini diharapkan bisa menjadi pedoman bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam terkait pencak silat ini. 



Turut hadir pada pembukaan Festival ini Danrem 081/DSJ, Dandim 0803 Madiun, Kepala Dispora Jatim, Kepala Disbudpar Jatim, Unsur Forkopimda Kota Madiun, Ketua PB. IPSI Pusat, Ketua IPSI Jatim serta Ketua IPSI Kota Madiun. (Pendiv2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.