Header Ads

Ingin Hasil Maksimal Babinsa Cawas dan PPL Bersama Petani Adakan Penyemprotan Pupuk



Klaten, kskindonesia.net - Ingin Hasil Maksimal Babinsa Cawas dan PPL Bersama Petani adakan Penyemprotan Pupuk Babinsa Koramil 20 Cawas Sertu Sugiman bersama PPL dan Poktani di Desa Plosowangi adakan Penyemprotan Tanaman Kedelai pada Vase Pertumbuhan di lahan Persawahan Blok G di Desa Plosowangi Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten, Selasa (10/9/2019).

Menurut Babinsa kegiatan penyemprotan tanaman Kedelai kali ini dengan menggunakan Dekamon yaitu jenis zat perangsang pertumbuhan tunas tunas baru, mencegah kerontokan bunga dan buah karena memiliki bahab aktif 2,4 di notrofenol, natrium 4 Nitroguaiakol, natrium orto netrofenol, natrium netrofenol dan masih banyak Zat yang lainya. 

Penyemprotan tanaman pada vase pertumbuhan sangat diperlukan khususnya pada tanaman kedelai, hal ini dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, selain menggunakan pupuk organik. Penyemprotan yang bagus pada masa ini adalah penyemprotan pupuk cair perangsang akar, daun dan buah. 



Selain Dekanon ada Jenis – jenis pupuk yang bisa digunakan guna merangsang pertumbuhan akar bisa menggunakan tetes tebu, Larutan “D“ untuk pertumbuhan daun, Larutan “A” dan “B” untuk pertumbuhan batang, bunga dan buah. Semua jenis larutan ini bisa dibuat sendiri oleh para petani sebelum melakukan penyemprotan pada tanaman, Ungkap Sertu Sugiman


Proses penyemprotan untuk pemupukan diberikan setelah tanaman kedelai umur 2 minggu dan pemupukan diberikan setiap 2 minggu sekali yang dikenal dengan pemupukan sistim. Bila tanaman kedelai sudah mulai berbunga proses penyemprotan bisa dihentikan agar tidak mengganggu proses penyerbukan. Pupuk tambahan juga perlu diberikan berupa pupuk kandang dan kompos agar tanaman kedelai mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan secata optimal.


Ketua Poktani Desa Plosowangi Harto Mintarso sangat berterimakasih Kepada Babinsa dan PPL yang senantiasa mendampingi petani di Desa Plosowangi ini, dia juga berharap tanaman Kedelai dapat tumbuh subur dan mendapatkan hasil yang maksimal. (Pendim Klaten)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.