Header Ads

Ketangakasan Anggota Pos Kout dalam Tangani Pasien Malaria Tertiana


Anggota tim kesehatan langsung mengambil tindakan terhadap Herawati


Keerom, kskindonesia.net - Sekira pukul 13.00 WIT seorang ibu berasal dari Arso 1 mendatangi Pos Kout Satgas Pamtas Yonif 713/ST untuk berobat, tepatnya di jalan Transit Km 31 Arso Kota, Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Kamis (12/9).

Ketika datang ke Pos Kout dengan diantarkan suaminya, kondisi ibu tersebut sangat lemas, sehingga anggota pos berinisiatif untuk menyuruh ibu berbaring dibantu sang suami.



Setelah dimintai keterangan data ibu tersebut adalah Hermawati (39), beralamat di Kampung Sanggaria, Arso 1 Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Hermawati datang dengan keluhan sakit panas, menggigil, pusing, nyeri tulang dan muntah-muntah.

Anggota tim kesehatan langsung mengambil tindakan dan setelah dilakukan pemeriksaan maka didapati tensi darah Hermawati 120/70, suhu badan 39,7°C, denyut nadi 84x/M. Dengan hasil itu maka timkes memberikan obat diantaranya Lvfd RL diguyur 1 tab, terpasang ivfd RL 25 gtt/ menit, paracetamol, primaquin, cefadroxil, ranitidine dan CTM.


Setelah dilakukan pengecekan RDT, ternyata Hermawati positif menderita Malaria Tersiana. Malaria tertiana disebabkan oleh parasit P. vivax. Karenanya, malaria ini juga dikenal dengan nama malaria vivax. (Penrem172)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.