Header Ads

Yonif Raider 509 Kostrad, Jaga Tapal Batas RI-PNG di MM 4.3 Kabupaten Keerom


Letda Inf Sulasmono Pimpin Patroli Tapal Batas RI PNG

Papua, kskindonesia.net - Salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad adalah menjaga perbatasan Negara RI-PNG wilayah darat dan mengamankan patok-patok perbatasan yang ada.

Untuk menjaga dan mengamankan patok perbatasan tersebut, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan patroli patok MM.4.3 yang dipimpin oleh Komandan Pos Km 140 Letda Inf Sulasmono beserta 14 orang anggota, Sabtu (28/9).

Sebelum melaksanakan patroli, para anggota melaksanakan briefing yang dipimpin langsung oleh Danpos, untuk menentukan route perjalanan dan mengetahui situasi medan sesungguhnya.


Para prajurit Satgas akan menempuh jarak kurang lebih 36 Km dari Pos menuju Patok MM.4.3 melalui medan yang berat melewati jalan setapak, sungai, rawa dan hutan.

Selama 2 hari perjalanan akhirnya, Satgas berhasil menemukan Patok MM.4.3 dalam kondisi baik dan tidak bergeser sesuai dengan koordinatnya.

Usai melaksanakan patroli patok perbatasan, Prajurit Satgas Yonif Raider 509 Kostrad memberikan Sembako kepada masyarakat Kampung Monggoar yang berada 1 jam perjalan dari Patok MM 4.3. Selain melaksanakan pembagian Sembako, mereka juga melaksanakan anjangsana kepada warga tapal batas.

Perwira Topografi, Kapten Ctp Rudito mengatakan, patroli tersebut wajib dilaksanakan untuk mendata letak (koordinat) patok tersebut, dan meyakinkan patok tersebut tidak bergeser.

“Usai menemukkan patok, nantinya para prajurit akan memasukkan data koordinat patok tersebut ke GPS, dan akan dilaporkan ke Komando Atas," tutur Rudito. (Pendiv2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.