Header Ads

Mengajar Anak-anak Papua dengan Kreatifitas


Letda Inf K.P Simanjuntak melaksanakan belajar mengajar (les tambahan) dengan sambil bermain

Keerom, KSK Indonesia - Satgas Pamtas Yonif 713/ST pos Skamto pada hari Selasa, 29 Oktober 2019 pukul 16.00 Wit  dibawah pimpinan Danpos Letda Inf K.P Simanjuntak melaksanakan  belajar-mengajar (les tambahan) dengan sambil bermain bagi anak-anak Kp Yowong Arso Barat, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua di Pos Skamto Satgas Pamtas Yonif 713/ST.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas belajar anak-anak Kp. Yowong Arso Barat Kab. Keerom Provinsi Papua ini,  pagi hari mereka  belajar di sekolah tapi sore hari kami satgas meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak ini  dengan pelajaran tambahan bersama-sama dengan kami personel Satgas Skamto.

Selain belajar mengajar dan bermain anggota satgas juga mengajari anak-anak untuk belajar peduli terhadap kebersihan baik itu kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan.
Metode belajar mengajar dengan sambil bermain ini di laksanakan oleh satgas karena satgas melihat bahwa selama ini ketika  dalam proses belajar mengajar dengan anak anak dengan cara yang kaku, maka yang ada adalah anak-anak ini jenuh, anak anak ini merasa kurang menarik mereka akan cepat bosan dan kurang bisa menerima setiap pelajaran yang disampaikan guru.
Hadir dalam kegiatan  ini Letda Inf K.P Simanjuntak (Danpos Skamto) , Sertu Ricco, Serda Erekh Yohanes, Serda Djulikra, Praka Tulus dan anak-anak Kp Yowong sekitar 30 orang.

Sebelum proses belajar mengajar ini dilaksanakan maka terlebih dahulu Satgas menjemput  Anak-anak ini dari rumah mereka masing-masing yang terletak di Kp Yowong, setelah semua berkumpul di pos Skamto dan sebelum kegiatan di mulai maka langkah pertama yang dilakukan adalah  perkenalan singkat lalu di lanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembagian (Sargal) berupa alat tulis seperti buku, pensil biasa dan Pensil warna .
Kegiatan proses belajar membaca, menulis dan menghitung serta mewarnai di laksanakan di ruang tamu pos sedangkan belajar sambil bermain di laksanakan di luar ruangan (depan Pos).


Ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung maka Satgas juga membagikan snack berupa buah semangka dan minuman kemasan kepada anak-anak ini supaya mereka lebih semangat dalam belajar dan selesai melaksanakan belajar mengajar maka personel Satgas kembali mengantar anak-anak ini kembali ke rumah masing-masing.
Namun sebelum anak-anak ini kembali pada saat berlangsung aktivitas belajar mengajar personel satgas melihat ada seorang anak yang sakit lutut (lecet) yakni  adik Simon umur 10 tahun siswa kelas 3 SD menderita sakit pada lutut (lecet) akibat kecelakaan lalulintas, melihat hal tersebut Bintara Kesehatan Pos  Serea Onisius Zay langsung melaksanakan pemeriksaan dan selanjutnya memberikan pengobatan terhadap luka tersebut. (Penrem172/PWY)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.