Header Ads

Pos Kalan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, Ikuti Upacara Peringatan Sumpah Pemuda


Abepura, KSK Indonesia – Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 diselenggarakan secara khidmat di Makorem 172/PWY, Kab. Abepura, Papua. Senin (28/10). Kali ini Pos Kalan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, turut berpartisipasi memperingati hari Sumpah Pemuda tersebut.

Upacara diikuti oleh seluruh organik Makorem 172/PWY beserta unsur Satgas Pamtas yang berada di wilayah Kabupaten Abepura yakni Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, Yonif Raider 300/Bjw dan Yonif 713/ST.

Sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Sumpah Pemuda tersebut adalah Kasiren Korem 172/PWY Letkol Inf Harahap.Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah “Bersatu Kita Maju". Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga menyampaikan Bahwa Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Diakhir Amanat Menpora yang dibacakan oleh Inspektur Upacara bahwa semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

"Akhirnya, saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke - 91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT - Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua," tutupnya. (Pendiv2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.