Header Ads

Satgas Pamtas Yonif 713 ST Kenalkan Nama-nama Pahlawan Indonesia

Satgas Pamtas Yonif 713 ST kenalkan nama-nama Pahlawan Indonesia

Jayapura, kskindonesia.net - Satgas Pamtas Yonif 713/Satya Tama Pos Muara Tami mengenalkan nama-nama Pahlawan kepada siswa-siswi SD Skouw Mabo Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Provinsi Papua. pada Jumat,  11 Oktober 2019 pkl 09.00 Wit pimpinan Serda Danu Ristanto Jabatan Ba Intel Pos Ramil Tami Beserta satu tim  personel lainnya.

Indonesia adalah negara yang memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1945. Terdapat banyak daftar pahlawan nasional di Indonesia, baik pahlawan di era penjajahan Belanda & Jepang, pahlawan di era proklamasi, pahlawan revolusi serta pahlawan di era setelah proklamasi.

Gelar pahlawan nasional Indonesia diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia atas tindakan yang dianggap heroik yang didefinisikan sebagai perbuatan nyata yang dapat dikenang dan diteladani sepanjang masa bagi warga masyarakat lainnya atau berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara. Gelar ini merupakan penghargaan tingkat tertinggi di Indonesia.

Sebagai bangsa yang besar, kita harus menghargai para pahlawan nasional di Indonesia. Tanpa jasa dan perjuangan mereka tentu Indonesia tidak akan bisa merdeka dan mungkin masih akan terjajah oleh bangsa lain.
Warga yang dipilih menjadi pahlawan adalah warga Indonesia, tidak terbatas pada agama, suku, etnis, ras dan golongan tertentu. Yang dipilih menjadi pahlawan pun berasal dari beragam profesi dan pekerjaan, dari mulai pejuang, tokoh politik, perdana menteri, presiden, jurnalis, ulama & pemuka agama, tokoh masyarakat, tentara, gerilyawan, menteri & pejabat pemerintahan, bangsawan dan lain-lain.
Salah satu apresiasi terhadap pahlawan Indonesia adalah banyaknya nama jalan, bandara, daerah atau tempat umum lain yang diberi nama sesuai nama pahlawan Indonesia. Ada juga pecahan mata uang rupiah Indonesia yang memajang gambar pahlawan nasional.
Dalam Gadik kali ini nama-nama pahlawan yang diperkenalkan antara lain:

Abdul Haris Nasution Sumatera Utara
Cut Nyak Dhien Aceh
Diponegoro D.I. Yogyakarta
Hasan Basri Kalimantan Selatan
Hasanuddin Sulawesi Selatan
Tuanku Imam Bonjol Sumatera Barat
Iskandar Muda Aceh
Ismail Marzuki DKI Jakarta
Pattimura Maluku
Pierre Tendean DKI Jakarta
Robert Wolter Monginsidi Sulawesi Selatan
Sudirman Jawa Tengah

Hadir dalam kegiatan ini  Serda Danu Ristanto ( BA Intel Pos Ramil Tami) dan satu tim  personel Pos Ramil Tami, Yamidi ( Kepala Sekolah SD Skow Mabo) dan 25 siswa kelas 1, 2 dan 3 SD Skow Mabo.
Pak Yamidi selaku kepala sekolah mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak-bapak TNI dalam hal ini personel Pos Ramil Tami Satgas Pamtas Yonif 713/Satya Tama yang telah berkenan memberikan pengajaran memperkenalkan nama-nama pahlawan kepada anak didik kami karena pengajaran ini sangat bermanfaat bagi anak didik kami sehingga mereka tahu nama-nama pahlawan yang ada di bangsa kita ini. (Penrem172/PWY)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.