Header Ads

Prajurit Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Bantu Warga Panen Sagu



Keerom, KSK Indonesia
- Sebagai upaya untuk membantu meningkatkan hasil panen sagu masyarakat perbatasan, Danpos Towe Hitam, Letda Inf Andry Putranto beserta lima orang anggota membantu warga melaksanakan kegiatan panen sagu bersama masyarakat di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe hitam, Kabupaten kerom, Sabtu (30/11)

Andry mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagi upaya pendampingan dalam memberikan bimbingan pengolahan sagu yang baik, agar meningkatkan penghasilan atau ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat perbatasan

"Bersama warga melakukan panen sagu yang diparut dari pohon sagu yang sudah ditebang, kemudian diperas secara manual dan diolah untuk siap digunakan", ujarnya.

Andry juga menghimbau kepada masyarakat agar menjadikan sagu sebagai sumber daya makanan warga sehingga hasilnya dapat di konsumsi. Ia juga mengatakan bahwa sebagian besar warga di Kampung Towe Hitam lebih memilih sumber daya sagu sebagai mata pencaharian mereka karena potensi wilayah yang banyak di tumbuhi pohon sagu dan merupakan bagian perekonomian warga.

“Untuk mengolah sagu yang dipanen, warga kampung menggunakan alat tradisional secara turun temurun yang digunakan untuk mengolah sagu menjadi sumber penghasilan masyarakat," kata Andry.



Alfon Waki (33) anak Kepala Suku Towe Hitam memberikan apresiasi kepada prajurit Pos Towe Hitam yang selama ini turut berperan dalam membantu pendampingan pengolahan sagu di Kampungnya.

Dalam hal ini, Andry selalu berada di tengah-tengah warga dalam memberikan penyuluhan tanaman sagu bersama dinas pertanian setempat ikut turun ke lapangan dalam memberikan solusi untuk meningkatkan hasil produksi sagu di kampung Towe Hitam.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharroma, S.H.,P.Sc. dilain tempat mengatakan bahwa wilayah Distrik Towe Hitam merupakan daerah yang berpotensi sebagai sumber logistik wilayah yang dapat diberdayakan masyarakat.

Selain hasil kebun, hasil sagu menjadi sandaran kehidupan ekonomi masyarakat di kampung tersebut.

“Untuk itu saya telah menekankan kepada Pos Towe Hitam agar potensi hasil sagu yang sudah berjalan, dapat diberdayakan dan ditingkatkan melalui pendampingan serta berkoordinasi dengan Dinas Pertanian setempat untuk melakukan penyuluhan agar menambah pengetahuan petani sagu yang membutuhkan bimbingan bagi kesejahteraan hidup masyarakat,” tegasnya. (Penrem172)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.