Header Ads

Roehana Koedoes, Perintis Pers Nasional Indonesia


Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019, Pemerintah RI menganugrahi gelar pahalwan nasional kepada 6 orang yang telah berjasa pada bidangnya, salah satunya adalah Ruhana Kudus (Roehana Koedoes) sebagai jurnalis wanita pertama di Indonesia.

Ruhana Kudus, seorang jurnalis wanita pertama di Sumatera Barat yang lahir di Koto Gadang, Kabupaten Agam, 20 Desember 1884, wafat di Jakarta, 17 Agustus 1972 pada usia 87 tahun. 

Ruhana lahir dari ayahnya yang bernama Mohamad Rasjad Maharadja Soetan dan ibunya bernama Kiam.

Dikutip dari berbagai sumber, Roehana Koeddoes adalah kakak tiri dari Soetan Sjahrir, PM Indonesia yang pertama dan juga mak tuo (bibi) dari penyair terkenal Chairil Anwar. Dia juga sepupu H. Agus Salim. 

Roehana hidup pada zaman yang sama dengan Kartini, ketika akses perempuan untuk mendapat pendidikan yang baik sangat dibatasi oleh kolonial Belanda.

Karena kebiasaannya menulis, ia menerbitkan surat kabar perempuan yang diberi nama Sunting Melayu pada, 10 Juli 1912. Sunting Melayu merupakan surat kabar perempuan pertama di Indonesia dengan pemimpin redaksi, redaktur dan penulisnya adalah perempuan.

Tidak puas hanya di situ, Ruhana juga mendirikan sekolah keterampilan khusus perempuan pada,11 Februari 1911 yang diberi nama Sekolah Kerajinan Amai Setia.

Di sekolah ini diajarkan berbagai keterampilan untuk perempuan, keterampilan mengelola keuangan, tulis-baca, budi pekerti, pendidikan agama dan Bahasa Belanda.

Ia juga menerima penghargaan sebagai Wartawati Pertama Indonesia (1974), pada Hari Pers Nasional ke-3. 

Pada tanggal 9 Februari 1987, Menteri Penerangan masa Orde Baru,  Harmoko menganugerahi Ruhana Kudus sebagai seorang Perintis Pers Nasional Indonesia. 

Dan, pada tanggal 6 November 2007 pemerintah Indonesia menganugerahkan Bintang Jasa Utama kepada Ruhana Kuddus.

Kemudian,  pada 8 November 2019, Ruhana Kuddus dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo dalam sebuah upacara di Istana Negara. 

Diwakili dari pihak keluaraga, Janeydy yang merupakan cucu dari Rohana Kuddus menerima penghargaan dari pemerintah. Dan, saat ini Ruhana Kudus Resmi bergelar Pahalwan Nasional.

Dikutip dari berbagai sumber

AE

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.